Categories :

Agar Tidak Cidera Saat Fitnes Kenali Bedanya Otot Besar dan Kecil

Agar Tidak Cidera Saat Fitnes Kenali Bedanya Otot Besar dan Kecil – Otot adalah  bagian tubuh manusia yang sangat penting dan berfungsi untuk melakukan pergerakan pada tubuh dan membantu peredaran darah. Selain itu juga berfungsi untuk pernapasan, proses pencernaan, keseimbangan , mengatur postur tubuh, membantu melahirkan dan penglihatan.

Gerakan – gerakan dalam otot besar terutama untuk dada, bahu dan punggung biasanya juga merupakan gerakan compound ( gerakan gabungan ). Misalnya ketika anda melakukan latihan bench press ( bagian dada ), lengan dan bahu juga ikut dilatih. Sehingga ketika hendak melatih bagian dada , maka lengan dan bahu secara tidak langsung juga ikut terbentuk.

Sedangkan jika hanya melatih satu otot kecil saja seperti bicep, maka efek yang dilatih hanya bicep saja. Ketika sedang melatih bicep , maka bagian punggung, dada, dan bahu tidak akan ikut bekerja. Demikian juga ketika anda melatih tricep atau perut maka hanya satu jenis bagian saja yang dilatih.

Bicep dan tricep memiliki gerakan yang berlawanan, sehingga ketika berlatih secara bersamaan bagian tersebut tidak akan berkembang. Alasan kedua yang sering muncul adalah bicep dan tricep sama – sama metode latihan lengan. Jadi jika melatih secara bersamaan , hal ini bisa membuat lengan terlalu capek jika keduanya tersebut dilatih bersamaan.

Agar Tidak Cidera Saat Fitnes Kenali Bedanya Otot Besar dan Kecil

Agar Tidak Cidera Saat Fitnes Kenali Bedanya Otot Besar dan Kecil

Banyak sekali orang – orang yang menyukai fitness apalagi kaum pria , pasti ingin memiliki tubuh yang kekar dan  yang besar. Maka dari itu , latihan menggunakan beban yang berat untuk membentuk tubuh tersebut. Tapi terkadang ada hal yang luput terlupakan dari diri sendiri yaitu tidak mengetahui kekuatan bagian tubuh itu sendiri.

Otot besar dan kecil memanglah harus sama – sama dilatih dengan baik, karena perpaduan keduanya dapat menghasilkan otot ideal. Otot besar terdiri dari bagian dada, bahu, kaki dan punggung. Sedangkan bagian yang kecil terdiri dari bagian lengan ( bicep dan tricep ), perut dan betis.

Yang Termasuk Kedalam Otot Besar

  1. Punggung ( trapezius , terez major, terez minor, rhomboid, latizimus dorsi )
  2. Kaki ( grup quadriceps dan grup hamstring )
  3. Dada ( pectoralis major dan pectoralis minor )
  4. Bahu ( anterior deltoid, posterior deltoid , middle head deltoid )

Yang Termasuk Kedalam Otot Kecil

  1. Lengan ( bicep dan tricep )
  2. Perut
  3. Betis

Fitness untuk pemula

  1. Seated Bent Knee Lift, oran tua tinggal duduk di kursi seperti biasa, lalu angkat kaki satu per satu dan di ulang pada setiap sisinya.
  2. Seated Knee Extensions, masih sama, duduk di kursi, lalu letakkan bantal sela – sela kaki kemudian angkat dan luruskan kaki ke dapan. Lakukan dan ulangi sebanyak 10 kali pada tiap sisi.
  3. Supported Standing Heel Lifts, kali ini berbeda, yakni berdiri di belakang kursi dan jadikan bangku sebagai pegangan. Selanjutnya jinjit perlahan dan ulangi 10 –  15 kali.

 

Panduan Latihan Fitness Dengan Memadukan Latihan Otot Besar dan Kecil

Saat fitness , dahulukan latihan bagian yang besar kemudian kecil. Berikut beberapa strategi fitness untuk melatih semua otot besar dan kecil :

  1. Dalam satu hari latihan usahakan minimal melatih satu jenis otot besar dan kecil.

Misalnya jika ingin melatih bicep, maka padukan dengan latihan dada ( chest ). Jika ingin melatih tricep , cobalah menambah latihan bagian punggung. Untuk melatih perut , tambahkan juga untuk latihan kaki dan bahu. Tidak disarankan untuk melatih beberapa jenis yang besar saja atau kecil saja dalam satu hari sekaligus.

  1. Dahulukan latihan otot besar terlebih dahulu baru kemudian melatih yang kecil.

Ketika menyusun program latihan , ada baiknya melatih bagian urat yang besar terlebih dahulu, setelah itu barulah kecil. Seperti yang sudah dijelaskan bahwa otot besar membutuhkan tenaga yang lebih besar sehingga ada baiknya dilatih ketika tenaga masih full.

  1. Jangan melatih satu jenis otot yang sama pada hari yang sama pula.

Misalnya anda melatih bahu dan punggung dalam satu hari. Perlu anda ketahui, bahwa bagian punggung dan bahu sama – sama jenis bagian besar. Ada baiknya melatih satu jenis urat besar kemudian melatih bagian yang kecil. Misalnya dalam satu hari anda melatih punggung, bicep atau triceps.

Fitness bukanlah metode latihan yang kaku, sebenarnya anda bisa melakukan banyak kombinasi menu latihan yang nyaman bagi anda. Selama dilakukan dengan konsisten dan rutin maka akan mendapatkan hasil yang maksimal. Tetapi jangan lupa untuk mengetahui kekuatan pada diri anda sendiri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *