Categories :

Jangan Salah Paham Lagi, Kenali Bedanya Gym dan Fitnes

Jangan Salah Paham Lagi, Kenali Bedanya Gym dan Fitnes – Banyak sekali orang – orang yang menyukai fitnes apalagi pria , pasti ingin memiliki otot yang besar. Maka dari itu , dengan latihan menggunakan beban yang berat dapat membentuk otot tersebut. Namun, tahukah kamu ? Ternyata gym dan fitnes itu beda lho!

Berhubung pembahasan kali ini masih seputar kesehatan, maka dari itu akan dijelaskan secara singkat bedanya gym dan fitnes. Faktanya pasti membuat orang – orang tidak menyangka bahwa ternyata gym dan fitnes itu berbeda. Sebelum kamu melakukan kegiatannya, lebih baik kamu mengetahui dahulu yang di maksud dengan hal yang akan kamu lakukan.

Biasanya, orang – orang melakukan kegiatan ini tidak hanya untuk menurunkan atau menjaga berat badan tetap ideal. Tetapi olahraga  juga dapat memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh dan bahkan kesehatan mental bagi setiap individu.

Nantinya , tidak hanya membahas pengertian dari bedanya gym dan fitnes. Tetapi juga akan menjelaskan kepada kamu manfaat fitnes bagi kesehatan tubuh. Simak baik – baik dan jangan sampai salah kembali.

Jangan Salah Paham Lagi, Kenali Bedanya Gym dan Fitnes

Jangan Salah Paham Lagi, Kenali Bedanya Gym dan Fitnes

Dalam Bahasa Indonesia , terlebih lagi Bahasa prokem atau gaul. Para pengguna atau penuturnya biasanya sering mengambil kata- kata dari Bahasa inggris agar terkesan keren dann modern. Padahal sebenarnya hal itu justru menunjukkan kemampuan berbahasa kita  yang terbatas dan kemiskinan kosakata pada Bahasa yang digunakan.

Dalam konteks sehari – hari , gym dan fitnes sering digunakan dalam kalimat yang dimaksudkan sama yaitu “berolahraga” seperti treadmill, spinning class, yoga, senam aerobic, angkat beban dan lain sebagainya. Namun untuk lebih lengkap mengenai bedanya gym dan fitness, kamu bisa simak penjelasannya sebagai berikut :

GYM

  • Gym adalah singkatan dari kata gymnasium yang berarti pusat kebugaran. Selain itu gym bisa juga di artikan sebagai ‘fitnes centre’ atau ‘pusat kebugaran’. Seperti Bahasa konteks sehari – hari , kata gym yang benar biasanya digunakan dalam kalimat seperti berikut.

” Saya beberapa minggu ini suka sekali berolahraga di gym dekat rumah”

Kata gym dan fitnes dalam Bahasa inggris memiliki arti yang sebenarnya jelas berbeda.

FITNESS

  • Yang dimaksud dengan fitness yaitu suatu aktivitas yang dapat membuat kondisi tubuh sehat dan bugar. Tubuh dapat sehat dan bugar apabila menjalankan tiga komponen utamanya seperti olahraga, pemenuhan nutrisi dan istirahat yang cukup. Dalam Bahasa sehari – hari yang benar, biasanya kata fitness disebutkan sebagai berikut.

“ Saya ingin fitness ke tempat gym di sekitar sini “

Dari berbagai penelitian , fitness ini termasuk didalamnya yaitu latihan angkat berat dan aerobic yang berguna untuk mencegah tulang keropos, memperlambat penuaan, meningkatkan profil hormone dan libido. Selain itu juga dapat meningkatkan imunitas tubuh terhadap penyakit.

Setelah membaca penjelasan seperti diatas, tentu kamu sudah tidak keliru lagi bukan? Sekarang sudah mengetahui bahwa gym dan fitnes ternyata dua kata yang memiliki arti berbeda. Jadi jangan sampai salah kembali dalam mengatakannya.

Manfaat Fitnes Bagi Kesehatan Tubuh

Fitnes merupakan olahraga yang banyak dilakukan oleh orang dewasa muda. Olahraga ini umumnya dilakukan di gym atau pusat kebugaran dan menggunakan berbagai jenis alat bantu olahraga. Apabila melakukan fitnes secara rutin, maka akan memperolah manfaatnya yang luar biasa bagi kesehatan tubuh sebagai berikut :

  1. Menjaga kesehatan tulang dan otot

Berbagai gerakan dalam fitness dapat menjaga kekuatan tulang dan merangsang pembentukan otot karena tubuh akan melepaskan hormon yang dapat meningkatkan kemampuan otot untuk menyerap asam amino saat berolahraga.

  1. Mencapai berat badan ideal

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa salah satu penyebab obesitas adalah kurangnya aktivitas fisik atau olahraga. Olahraga seperti fitness terbukti dapat meningkatkan laju metabolisme tubuh sehingga dapat membakar lebih banyak kalori.

  1. Meningkatkan kualitas tidur

Berolahraga selama 30 menit setiap harinya dapat membuat tidur lebih nyenyak dan berkualitas.Hal ini karena peningkatan suhu saat berolahraga dapat memicu tubuh untuk menghasilkan senyawa kimia yang bisa meningkatkan dorongan tidur pada malam harinya.

  1. Mencegah depresi

Dengan melakukan latihan fisik , hormon serotonin yang terdapat di otak akan mengalami peningkatan. Hormon serotonin adalah hormon yang mengelola suasana hati , termasuk mencegah depresi.

  1. Mengurangi risiko terjadinya berbagai penyakit

Fitnes secara rutin mampu mengurangi risiko terkena berbagai penyakit kronis , seperti penyakit jantung coroner dan diabetes tipe 2. Selain itu juga dapat membantu tubuh melawan radikal bebas yang dapat memicu terjadinya kanker seperti kanker usus besar dan kanker payudara.

Maka dari itu, yuk jaga kesehatan tubuh mu dengan cara berolahraga seperti fitness dan jenis olahraga lainnya ya! Sudah tahukan bedanya gym dan fitnes? Mulai dari sekarang, jangan salah paham lagi yaa!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *