Categories :

Konsumsi 4 Jenis Buah dan Sayur Setiap Hari Untuk Kesehatan

Konsumsi 4 Jenis Buah dan Sayur Setiap Hari Untuk Kesehatan – Konsumsi makanan sehat setiap hari sangat direkomendasikan untuk mencukupi kebutuhan gizi harian. Hal ini sebenarnya tidak sulit untuk dilakukan karena pilihan makanan sehat yang baik untuk dikonsumsi setiap hari ada banyak ragamnya. Konsumsi buah dan sayur yang cukup merupakan salah satu indicator sederhana gizi seimbang.

Kini kesadaran masyarakat untuk mengonsumsi makanan sehat kini semakin besar. Pasalnya selain menjadi sumber energi , konsumsi makanan sehat juga dapat menurunkan resiko terkena penyakit serius mulai dari diabetes, hipertensi, penyakit jantung, obesitas hingga kanker. Tak hanya itu, konsumsi makanan sehat dibarengi dengan olahraga rutin juga penting untuk mendukung diet sukses.

Badan Kesehatan Dunia (WHO) secara umum menganjurkan konsumsi sayuran dan buah-buahan untuk hidup sehat sejumlah 400 gram perorang dan perhari. Harus terdiri dari 250 gram sayur ( setara dengan 2 porsi atau 2 gelas sayur setelah dimasak dan ditiriskan ) dan 150 gram buah ( setara dengan 3 buah pisang ambon ukuran sedang atau 1 potong papaya ukuran sedang atau 3 buah jeruk ukuran sedang ).

Bagi masyarakat Indonesia terutama balita dan anak usia sekolah dianjurkan untuk mengkonsumsi buah dan sayur 300 – 400 gram perorang perhari dan bagi remaja serta orang dewasa dianjurkan sebanyak 400 – 600 gram perorang perhari. Sekitar dua pertiga dari jumlah anjuran konsumsi tersebut adalah porsi sayur.

Konsumsi 4 Jenis Buah dan Sayur Setiap Hari Untuk Kesehatan

Konsumsi 4 Jenis Buah dan Sayur Setiap Hari Untuk Kesehatan

Cara terbaik mengkonsumsi buah – buahan dan sayuran adalah makan berbagai jenis dengan warna berbeda – beda. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan semua kombinasi nutrisi lengkap yang dibutuhkan. Berikut ini jenis buah dan sayuran yang dapat di konsumsi setiap hari dan bagus untuk kesehatan tubuh :

Buah – buahan

  • Apel, Buah apel mengandung banyak serat, vitamin C dan antioksidan lainnya.
  • Alpukat, Kaya akan lemak sehat , kalium dan juga vitamin C.
  • Pisang, Buah pisang merupakan salah satu sumber kalium.
  • Buah buahan berry ( strawberry dan blueberry ) , Jenis buah – buahan ini kaya akan antioksidan dan juga serat serta rendah kalori.

Sayur – sayuran

  • Bayam, Sekitar 30 gram bayam mengandung 56% kebutuhan vitamin A harian dan juga vitamin K dengan hanya 7 kalori saja.
  • Wortel, Sekitar satu porsi wortel atau setara 128 gram menyediakan 428 persen kebutuhan vitamin A harian.
  • Brokoli, Satu porsi brokoli mengandung 55 kalori kebutuhan vitamin K dan dua kali lipat kebutuhan harian vitamin C.
  • Kacang polong, Satu porsi kacang polong mengandung protein vitamin A, C dan K.

Buah – buahan dan sayur – sayuran diatas tersebut sangat aman di konsumsi setiap hari tetapi disarankan dengan jenis yang berbeda – beda setiap harinya.

Manfaat Buah dan Sayur Untuk Mencegah Penyakit

Mengkonsumsi buah – buahan dan sayuran tentu sangat bagus untuk mencegah segala penyakit berbahaya. Apabila kamu selalu mengkonsumsi makanan yang sehat , maka dipastikan akan terhindar dari beberapa penyakit berbahaya seperti berikut ini :

  1. Penyakit jantung dan Pembuluh darah

Ada bukti kuat yang menunjukkan bahwa diet kaya buah – buahan dan sayuran dapat menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke. Jenis sayuran yang paling kuat menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke adalah sayuran berdaun hijau seperti selada, bayam dan sawi.  Sekaligus juga buah seperti jeruk, lemon, limau dan anggur juga memberikan kontribusi penting.

  1. Hipertensi

Untuk pencegahan penyakit hipertensi diet DASH ( Dietary Approaches to Stop Hypertension ) sangat dianjurkan. Hanya dengan mengkonsumsi buah – buahan , sayuran dan produk susu rendah lemak juga membatasi jumlah lemak jenuh dan lemak total.

  1. Kanker

Barangkali penelitian terbanyak tentang manfaat buah – buahan dan sayuran adalah dikaitkan dengan pencegahan kanker. Sebuah laporan oleh World Cancer Research Fund dan American Institute for Cancer Research menunjukkan bahwa sayuran yang tidak mengandung zat tepung seperti selada dan sayuran berdaun hijau lainnya, brokoli, kol, bok choy serta bawang dapat mencegah beberapa jenis kanker.

  1. Diabetes

Buah – buahan itu bisa dikatakan manis dan berbahaya bagi penderita diabetes. Namun mengkonsumsi buah terutama blueberry , anggur dan apel berkaitan dengan risiko diabetes tipe 2 yang lebih rendah.

  1. Penyakit saluran pencernaan

Buah dan sayur mengandung serat yang tidak bisa dicerna yang menyerap air dan mengembang saat melewati sistem pencernaan. Serat dapat meredakan gejala – gejala gangguan pencernaan dan memicu pergerakan usus yang teratur sehingga dapat meredakan atau mencegah sembelit.

Teruslah mengkonsumsi makanan – makanan sehat seperti buah dan sayur agar tubuh anda terhindar dari segala jenis penyakit berbahaya. Lebih baik mencegah daripada mengobati yang sudah terjadi.

Kalau anda sudah sehat dan ingin punya penghasilan sampingan, baiknya mainkan game togel online saja.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *