Categories :

Dampak Berbahaya Kurang Tidur, Cegah Sebelum Menyesal!

Dampak Berbahaya Kurang Tidur, Cegah Sebelum Menyesal! – Bahaya kurang tidur bukanlah sesuatu hal yang dapat disepelekan begitu saja demi keselamatan anda. Tidur adalah salah satu aktivitas penting yang harus dilakukan oleh manusia. Dengan melakukan tidur, tubuh bisa beristirahat dengan baik. Beberapa organ akan beristirahat dan menyembuhkan dirinya sendiri serta otak menjadi lebih rileks setelah digunakan selama berjam – jam untuk bekerja.

Sayangnya tidak semua orang bisa tidur dengan berkualitas setiap harinya. Tidur dianggap berkualitas dan tepat kalau dilakukan selama 6 – 8 jam setiap harinya. Kalau tidur yang dilakukan kurang atau lebih dari itu, tubuh akan mengalami masalah banyak termasuk munculnya beberapa penyakit.

Berbahaya kurang tidur juga menyebabkan tubuh mudah lelah, tubuh terasa lemas, menguap sepanjang hari dan juga sulit konsentrasi. Mungkin , kamu pernah tidak tidur atau bahkan sulit tidur karena beberapa hal.

Misalnya karena lembur mengerjakan tugas, begadang menonton tv hingga karena insomnia. Jika dilakukan atau terjadi terus menerus , kamu harus berhati – hati dengan segala penyakit yang bisa saja menyerang tubuhmu.

Pada 19 Maret 2021 diperingati sebagai Hari Tidur Sedunia dengan tema “Regular Sleep, Healthy Future”. Peringatan tersebut memiliki tujuan yaitu untuk mengingatkan masyarakat tentang betapa pentingnya tidur.

Tidur itu sangat penting karena tubuh akan melakukan proses – proses seperti perbaikan fungsi sel, konsolidasi daya ingat, emosi dan psikis sehingga pada saat bangun tubuh akan terasa rileks kembali dan daya ingat menjadi lebih baik.

Dampak Berbahaya Kurang Tidur, Cegah Sebelum Menyesal!

Dampak Berbahaya Kurang Tidur, Cegah Sebelum Menyesal!

Tidur juga membantu proses tumbuh kembang , terutama pada anak – anak dan remaja karena pada saat tidurlah hormon pertumbuhan dihasilkan. Maka dari itu bahaya kurang tidur mungkin perlu kamu ketahui, agar kamu dapat tersadarkkan bahwa hal ini bukanlah sesuatu yang sepele. Berikut ini beberapa bahaya kurang tidur yang bisa menimpa kepada siapa saja :

  1. Daya ingat menurun

Saat tidur, koneksi saraf yang mendukung ingatan sesorang mengalami penguatan. Jika waktu tidur terganggu, kemampuan otak dalam mengolah dan menyimpan ingatan pun akan mengalami gangguan.

Dampak Berbahaya Kurang Tidur, Cegah Sebelum Menyesal!

  1. Insomnia dan penyakit kardiovaskular

Insomnia sendiri adalah suatu kondisi yang menyebabkan seseorang susah tidur atau tidak dapat tidur dengan nyenyak. Bila dibiarkan tanpa penanganan, insomnia dapat meningkatkan risiko terjadinya penyakit jantung, baik berupa gangguan irama jantung ( aritmia ), gagal jantung maupun serangan jantung. Selain itu penderita insomnia juga berisiko lebih tinggi menderita diabetes, obesitas, stroke, kanker hingga masalah kesehatan mental.

  1. Menurunkan performa seks

Menurut penelitian , laki – laki dan perempuan yang jarang istirahat atau tidur akan menyebabkan menurunnya keinginan untuk melakukan hubungan seksual. Hasrat dan keinginan menjadi berkurang dikarenakan kelelahan , mengantuk dan peningkatan stress karena kurang tidur.

  1. Munculnya tanda penuaan dini

Saat kurang tidur, kulit akan terlihat pucat dan mata pun tampak bengkak. Bila berlangsung jangka panjang , kurang tidur dapat memicu munculnya berbagai tanda penuaan dini seperti keriput, garis halus atau kerutan di sekitar mata. Tidak hanya itu, sebuah penelitian juga mengungkapkan bahwa kurang tidur dapat meningkatkan risiko munculnya jerawat.

  1. Mengakibatkan kematian

Orang – orang di bawah usia 45 tahun yang tidak memiliki jam tidur yang baik memiliki resiko kematian dua kali lipat dibandingkan dengan orang yang memiliki kualitas waktu tidur yang baik. Hal ini bisa terjadi karena kurang tidur akan menyebabkan berbagai penyakit serius yang bisa membahayakan jiwa.

Itulah beberapa dampak bahaya kurang tidur yang sangat sering disepelekan. Tubuh membutuhkan istirahat dan tidur untuk mengembalikan energi dan juga untuk memberikan jeda agar bisa beristirahat yang cukup. Maka atur pola tidur sebaik mungkin untuk hidup lebih sehat dan terhindar dari berbagai penyakit.

Tips Untuk Kamu Yang Sulit Tidur Dengan Teratur

  • Buat jam bangun yang tetap

Jika ingin punya jam tidur yang teratur, mulailah dengan membiasakan diri bangun di jam yang tetap. Lama kelamaan tubuh akan menemukan pola tidur dan bangun yang teratur.

  • Jauhkan ponsel

Ketika sudah tiba waktunya tidur, ada baiknya segera jauhkan ponsel anda. Memainkan ponsel kerap menjadi pengalih perhatian yang membuat orang susah tidur.

  • Redupkan cahaya

Rasa kantuk cenderung lebih cepat datang ketika berada di bawah cahaya yang redup. Cobalah redupkan lampu kamar begitu waktu tidur sudah tiba.

  • Mandi dengan air hangat pada sore hari

Sore hari ketika usai melakukan semua aktifitas , cobalah untuk mandi dengan air hangat. Hal itu akan membuat tubuh jadi rileks yang memungkinkan rasa kantuk akan lebih cepat datang.

Kebiasaan tersebut juga memiliki dampak yang sangat baik bagi kesehatan. Manfaat yang dirasakan antar lain tubuh terasa lebih segar, konsentrasi meningkat dan jadi tidak mudah sakit. Kamu bisa membiasakan untuk memiliki jam tidur teratur mulai dari sekarang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *