Categories :

Simak Alasan Pentingnya Olahraga Ibu Hamil Untuk Kesehatan Bayi

Simak Alasan Pentingnya Olahraga Ibu Hamil Untuk Kesehatan Bayi – Penelitian menunjukkan melakukan olahraga ibu hamil memiliki manfaat besar bagi ibu dan calon bayi. Namun, sebagian ibu hamil enggan berolahraga karena takut merasa kelelahan dan khawatir olahraga ibu hamil dapat membahayakan janin.

Mengandung bukan berarti membuat bumil (ibu hamil) harus beristirahat hingga 24 jam sehari. Untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh, bumil dianjurkan untuk berolahraga walaupun sedang berbadan dua. Hal tersebut tentunya dilakukan apabila bumil merasa nyaman dan tidak menderita kondisi kesehatan lain.

Fakta sebenarnya, ada banyak sekali manfaat olahraga bagi ibu hamil, mulai dari meringankan rasa sakit, meningkatkan kebugaran tubuh ibu hamil, hingga membantu kelancaran proses melahirkan. Kemudian juga pada masa kehamilan dapat membantu meningkatkan perkembangan otak janin.

Dalam sebuah studi yang dipresentasikan di Society for Neuroscience, San Diego telah dibuktikan bahwa “Pada usia 10 hari, si kecil memiliki tingkat kematangan otak yang lebih baik apabila ibunya rajin berolahraga di masa kehamilan, dibandingkan dengan anak yang ibunya tidak melakukan olahraga selama hamil” kata Elise Labonte – LeMoyne, Ph.D. Ahli Kinesiologi dari University of Montreal.

Dalam studi ini juga dijelaskan bahwa olahraga ringan yang dilakukan oleh ibu hamil, sebaiknya rutin dilakukan selama 20 menit selama tiga kali seminggu. Selain berperan dalam perkembangan otak janin, olahraga ringan juga membuat Ibu memiliki nafas yang lebih panjang, tubuh yang lebih lentur dan tulang yang lebih kuat.

Simak Alasan Pentingnya Olahraga Ibu Hamil Untuk Kesehatan Bayi

Simak Alasan Pentingnya Olahraga Ibu Hamil Untuk Kesehatan Bayi

Para peneliti percaya jika olahraga seperti jalan kaki di pagi hari akan memberikan asupan oksigen yang cukup untuk tubuh. Jika asupan oksigen tubuh cukup maka kesehatan akan terjaga. Selain itu juga masih banyak alasan penting lainnya perihal olahraga ibu hamil yang  mempengaruhi kesehatan bayi. Untuk lebih lengkapnya lagi, simak beberapa penjelasan sebagai berikut :

  1. Menurunkan risiko komplikasi kehamilan

Saat hamil, kadar gula darah dalam tubuh cenderung tinggi, sehingga bumil rentan terserang diabetes gestasional. Tidak hanya diabetes, olahraga saat hamil juga diduga dapat menurunkan risiko preeklamsia dan menjaga tekanan darah normal saat hamil.

  1. Mengurangi risiko untuk melahirkan secara Caesar

Apabila ingin melahirkan secara normal, olahraga secara teratur dapat menurunkan risiko melahirkan dengan forsep, operasi Caesar atau episiotomi. Selain itu, beberapa riset menunjukkan bahwa bumil dapat melahirkan bayi yang pintar.

  1. Mengurangi rasa sakit atau nyeri

Jika bumil mengalami sakit punggung, nyeri panggul atau nyeri pada kaki disarankan untuk melakukan olahraga secara teratur. Beberapa olahraga yang bisa mengurangi nyeri ialah berjalan kaki, berenang, senam hamil hingga yoga untuk bumil.

  1. Baik untuk sang bayi

Bayi yang lahir dari ibu yang rajin berolahraga saat hamil cenderung memiliki riwayat kesehatan yang baik. Olahraga saat hamil juga membantu meningkatkan perkembangan otak dan meningkatkan kualitas kesehatan hatinya.

  1. Mengurangi stress dan meningkatkan semangat

Kehamilan mempengaruhi suasana hati dan menyebabkan bumil rentan stress. Hal ini bisa berpengaruh pada kesehatan mental bumil. Dengan berolahraga, tubuh akan melepaskan lebih banyak zat serotonin dan endorphin, sehingga suasana hati akan membaik dan bumil pun menjadi semangat.

Penjelasan diatas merupakan beberapa alasan penting olahraga ibu hamil. Namun, bumil dianjurkan untuk berkonsultasi ke dokter kandungan terlebih dahulu untuk bisa menentukan jenis olahraga ibu hamil yang cocok dan baik untuk ibu hamil.

Beberapa Kondisi Ibu Hamil Yang Harus Menghindari Olahraga

Meski olahraga penting untuk dilakukan, namun terdapat beberapa kondisi tertentu yang membuat bumil dianjurkan untuk berhati – hati saat berolahraga atau bahkan mengindari olahraga. Berikut ini adalah beberapa kondisi ibu hamil yang harus mengindari olahraga :

  • Gangguan pada leher rahim.
  • Tekanan darah tinggi saat hamil.
  • Penyakit jantung dan paru, nyeri sendi, anemia dan diabetes yang tidak tertangani dengan baik.
  • Pernah atau berisiko mengalami persalinan premature.
  • Pernah keguguran sebanyak 2 kali atau lebih.
  • Pendarahan dari vagina atau adanya bercak darah di celana dalam.
  • Kondisi leher Rahim atau serviks lemah.
  • Posisi plasenta rendah.

Olahraga secara teratur dapat membantu bumil mengatasi perubahan fisik selama kehamilan dan membangun stamina untuk menghadapi persalinan. Namun, sebelum berolahraga, terlebih dahulu periksakan diri anda ke dokter untuk lebih tahu perihal kondisi dan kekuatan tubuh ibu hamil.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *